Peringatan Dini Cuaca Ekstrim JABODETABEK

Peringatan Dini Cuaca Ekstrim JABODETABEK

1. Pantau informasi melalui saluran media terpercaya, televisi atau radio, atau Anda bisa langsung mengakses informasi cuaca di bmkg.go.id

2. Masukan barang-barang penting ke dalam tas siaga yang dapat Anda bawa ketika dalam keadaan darurat. Usahakan tas siaga nyaman untuk dibawa kemana saja sehingga tidak mengganggu mobilitas Anda. Rekomendasi isi tas dapat dibaca di sini

3. Tidak mengemudikan kendaraan di wilayah banjir. Anda tidak perlu memaksakan kehendak untuk tiba di tujuan apabila sudah melihat atau tahu adanya ancaman banjir, karena akan membahayakan Anda dan orang terdekat.

4. Simpan barang-barang di dalam kotak kedap air. Ini diperlukan apabila ada barang-barang yang tidak mungkin untuk dibawa dalam tas siaga.

5. Jika Anda mengungsi di tempat yang disarankan oleh pemerintah atau relawan, perhatikan untuk menjaga kebersihan, serta gunakan selalu alas kaki dan selalu mencuci tangan agar terhindar dari segala penyakit.

6. Tulis dan simpan kontak darurat agar mudah untuk dihubungi ketika Anda sedang mengalami atau melihat keadaan darurat. Berikut adalah nomor-nomor darurat yang dapat dihubungi:

Ambulans = 118 atau 119; Pemadam Kebakaran = 113; Polisi = 110; SAR/BASARNAS = 115; Posko Bencana Alam = 129; PLN = 123; Bantuan Khusus Banjir = 021-3459444; Pusdalops BNPB = 08121237575.

Langkah-langkah di atas sebaiknya dipersiapkan sedini mungkin agar Anda tidak tergesa-gesa pada saat cuaca ekstrim mulai terjadi. Keep healthy good people!